You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Paguyuban Kedaerahan di DKI Harus Lestarikan Budaya
.
photo Yopie Oscar - Beritajakarta.id

Paguyuban Daerah Harus Bersinergi dengan Pemprov DKI

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidajat ingin warga ibu kota dapat melestarikan budaya leluhur. Dengan warganya yang berasal dari berbagai daerah, Djarot ingin Jakarta menjadi jendela budaya Indonesia.

Di Jakarta itu banyak paguyuban, harus tetap budayanya dilestarikan

Hal ini diungkapkannya usai menghadiri pelantikan pengurus Ikatan Paguyuban Keluarga Wonogiri Seluruh Indonesia (IPKWSI) di Lapangan Ahmad Yani, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Minggu (24/5) dinihari.

Djarot mengatakan, dirinya sangat senang dengan kemajemukan budaya yang ada di Jakarta. Apalagi banyak bermunculan paguyuban kedaerahan yang melestarikan budaya leluhurnya. "Di Jakarta itu banyak paguyuban, harus tetap budayanya dilestarikan," ucapnya.

Djarot Larang Ondel-Ondel Dieksploitasi untuk Ngamen

Untuk pemerintah sendiri, lanjut Djarot, dengan adanya pagelar budaya, bisa dimanfaatkan untuk menyampaikan sejumlah program. "Seperti untuk warga Wonogiri di Jakarta, saya pesan agar tertib PKL, tertib sampah, dan tertib hunian. Karena sebagian besar warganya di sini mempunyai pekerjaan sektor informal," tuturnya.

Sementara itu, anggota DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono yang juga asli Wonogiri menambahkan, perlu adanya sinergi antara paguyuban dengan Pemprov DKI. "Jadi bukan hanya hidup di Jakarta lalu hasilnya dibawa ke kampung, namun juga bisa ikut serta dalam pembangunan di ibu kota. Harus ada komunikasi yang baik antara paguyuban dengan pemerintah," tandasnya.

Kegiatan itu ditutup dengan pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan Ki Dalang Warseno Slenk. Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaeful Hidajat juga didaulat memberikan wayang lakon semar kepada dalang, dan juga meminum jamu gendong khas Wonogiri.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1265 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1236 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1186 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1068 personNurito
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye802 personBudhi Firmansyah Surapati